[Review Album] Rise by Taeyang

rise

Akhirnya album yang selama ini gw tunggu rilis juga.  4 tahun menunggu terbayar sudah penantian panjang gw dengan dirilisnya album ke-2 Taeyang ‘Rise’. Dengan total 9 lagu Taeyang menyuguhkan lagu dengan berbagai genre dan tentu saja memberikan warna baru di setiap lagunya. Oke sekarang gw bakalan membeberkan setiap cerita di album ke-2 Taeyang ‘Rise’, berikut adalah cerita Taeyang tentang album barunya saat di wawancara dengan Bilboard dan juga review dari sudut pandan gw, enjoy !

taeyang rise tracklist

1. Rise

Konsep keseluruhan album ini didasarkan dari lagu Rise. Jika kalian mendengar lagu kalian akan mengerti, tetapi memiliki nature-like vibe suara tropis berulang. Merasakan lagu mengingatkan saya Taeyang’ [yang berarti sun dalam bahasa Inggris], yang membuat  menulis lagu berdasarkan tema ‘Rise‘. Lagu ini adalah apa yang memulai album ini.

Rise cocok sebagai lagu pembuka, seperti Taeyang bilang bahwa lagu ini merupakan dasar untuk membuat album ke-2nya. Lirik dalam lagu ini menceritakan kebangkitan seorang Taeyang dan mengajak semua orang untuk bangkit.

2. Eyes, Nose, Lips

Lagu ini adalah title lagu album. Ini juga menjadi  lagu terakhir yang selesai. Album saya pada dasarnya dapat rilis karena track ini. Kedua [produsen] Teddy dan seorang penulis asing bernama Becca [Johnson] menulis lagu ini. Saya ingat merasa sangat gembira dengan hal itu, karena hal itu terjadi begitu tiba-tiba. Sementara Teddy menuliskan chord, Becca datang dan menulis melodi. aku sangat menyukainya, dan aku percaya aku bisa memberikan sesuatu yang fresh  dengan suaraku. Setelah menyelesaikan rekaman demo, saya mendiskusikan pengalaman pribadi saya dengan Teddy, yang ia pikir akan keren untuk memasukkan sebagai lirik. Kami mampu untuk menulis lagu bersama-sama tentang hilang kekasih, mengenang mata , hidung dan bibirnya . Ini adalah trek yang sangat emosional.

Gw bersyukur album Taeyang ditunda, kalau gak lagu sekeren ini gak bakalan ada, hahaha *abaikan. Lagu yang penuh emosional  ini membuktikan kualitas vokal dari Taeyang yag gak dapat diragukan. Coba kalian denger lagu ini saat malam hari!! kalian bakalan merasa merinding denger suara Taeyang dipadu dengan suara piano.

3.  1AM

Lagu ini ditulis tahun lalu, saya percaya. Boyz Noize berpartisipasi di trek ini. Lagu ini sangat menyenangkan karena beat dengan tempo yang memungkinkan kalian untuk bergoyang bersama. Lirik bercerita sekitar berpikir tentang orang yang kalian cintai setiap jam satu malam .. tidak peduli apa yang kalian lakukan pada saat itu ini tentang bagaimana akhirnya kalian memikirkannya setiap hari jam 1 malam meskipun sedang  minum, berkeliaran di jalan-jalan dan bergaul dengan teman-teman untuk melupakannya konten jerat dengan sangat baik dengan beat uptempo, yang memungkinkan pendengar untuk merasakan berbagai perasaan yang berbeda.”

Mungkin lagu ini gak asing untuk kalian karena sebelumnya Taeyang pernah nyanyi lagu ini meskipun belum secara resmi dirilis. Bener banget lagu dengan beat yang menyenangkan membuat badan kita bergoyang tanpa tau arti liriknya. Setelah mengetahui liriknya kalian akan bingung apa yang harus dilakukan bergoyang mendengarkann lagu ini sambil memikirkan dirinya. Jujur lagu ini kaya bukan lagu kpop karena ada backing vocal seorang perempuan.

4. Stay With Me

Stay With Me” diproduksi oleh sahabatku G-Dragon. Lagu ini juga diselesaikan menjelang akhir. Menjelang penyelesaian album saya, saya menyadari bahwa tidak ada lagu duet. Saya pikir itu akan menyenangkan untuk memiliki setidaknya satu lagu duet, jadi saya memilih trek dan diproduksi bersama dengan G-Dragon. Saya percaya itu adalah lagu yang mengagumkan yang menunjukkan yang terbaik dari kedua gaya musik saat ini G-Dragon dan warna bersama dengan saya.”

I think GDYB collab is the best, mereka selalu mendapat chemistry yang kuat saat bersama. Tak Usah diragukan untuk lagu yang diproduksi oleh G-Dragon karena tak akan mengecewakan. Stay with me merupakan lagu pop dengan sentuhan hip hop menceritakan tentang seseorang yang dicintai untuk tetap disampingnya. Gw tebak lagu ini terinspirasi dari Kiko kan Jiyong ? hahahaha *abaikan hanya imajinasiku

5. Body

“Ada cerita panjang lagu ini. Ketika kami pertama kali memproduksi trek ini, Teddy telah mengunduh program untuk pertama kalinya dengan yang lagu ini yang diciptakan. Lagu ini ternyata berbeda dari lagu aslinya. Bagian asli memiliki lebih keras, merasa elektronik untuk itu. Lagu terakhir datang ketika saya bergabung untuk mengaturnya. Seperti yang kalian ketahui, lagu ini adalah tentang tubuh wanita. Ini adalah lagu yang saya tulis berdasarkan hal yang saya rasakan ketika melihat tubuh perempuan. Ini adalah trek yang sangat menyenangkan dan seksi. Lagu ini melewati banyak editing sebelum dimasukkan di album ini. Jika kalian mendengarnya kalian akan mengerti, tapi punya getaran elektronik dan digital berat untuk verse dan bridge memiliki suara old-school disco, seperti Michael Jackson dan Daft Punkgaya riff gitar. Saya pribadi menyukai lagu dan percaya itu sangat menyenangkan.”

Lagu yang  menyenangkan setelah lagu-lagu sebelumnya bercerita tentang cinta. Lagu ini memiliki susana berbeda dari verse, chord hingga bridge. Saat menuju chord lagu ini seperti lagu di club namun akan berubah saat memasuki verse. Gw kaget baca arti lirik ini, Oh my to the God Taeyang berani bikin lirik seperti ini ?? ternyata otakmu yadong juga bang.

6.  Ringa Linga

“Ini adalah lagu pre-release saya, saya yakin banyak orang sudah mendengar lagu ini. Produser Shockbit menciptakan beats dan G-Dragon mengaturnya. Sementara produser saya dan saya bekerja di trek ini, G-Dragon datang dan mengatakan kepada kami bahwa ia memiliki melodi. aku benar-benar menyukai melodi sehingga G-Dragon akhirnya mengatur seluruh track. saya pikir itu akan menyegarkan untuk merilis lagu ini sebagai single pertama, karena saya percaya saya bisa menambahkan pada penampilan yang cool. lagu ini bagus tapi apa yang saya pikir membuat trek menonjol adalah kinerja yang saya kerjakan dengan koreografer Parris Goebel.

Lagu hip hop ini bebas dari unsur cinta dan berfokus untuk membuat orang yang mendengarkannya menari. Pertama kali denger lagu ini gw berpikir  Taeyang mau juga nyanyi lagu aliran hip hop jauh dari suara dia yang R&B. Ternyata lagu seperti ini yang Taeyang inginkan selama ini.

7. This Aint it

Lagu ini adalah trek yang membuat saya memiliki waktu sulit saat rekaman. lagu dengan emosi yang berbeda dan warna musik dari proyek-proyek saya sebelumnya. Ini adalah lagu British-pop yang berat. Ini satu-satunya lagu [pada album] yang mebutuhkan  rekaman beberapa kali. Liriknya sendiri tentang bagaimana seseorang akan merasa ketika bertemu  seorang mantan secara kebetulan. Kalian bisa mengatakan hal itu semacam seperti mengenang mantan saat mengemudi di sebuah convertible. Lagu ini memiliki rasa yang sangat segar dan sedih.  Saya percaya lagu ini adalah lagu yang cocok jika diputar tepat sebelum matahari terbit. Silahkan mendengarkan dan memutuskan sendiri.”

Another ballad song in the album, bagi para pencita lagu ballad pasti suka dengan lagu ini. Tak salah apabila Taeyang harus mengulang saat rekaman, dia harus menjaga emosinya saat menyanyikan lagu ini. Seperti lagu ballad lainya lagu ini sangat sedih apabila kita mendengarkanya, dan gw langsung ngebayangin dengerin lagu ini saat pagi tiba saat kita memulai aktivitas hari itu dan memikirkan bagaiman jika hari ini gw ketemu sama dy, eothokae eothokae?. Untuk lagu ini gue selalu ngebayangin Taeyang berdiri diatas panggung diringi dengan live ochestra dan lampu hanya menyoroti dirinya yang lagi nyanyi This aint it, gw bisa meraskan bulu kuduk ku berdiri. That’s Amazing

8. Let Go

Let Go,” telah  diproduksi lama, mungkin tiga tahun yang lalu. Sementara aku sedang menunggu lift untuk pulang, aku mendengar instrumental yang berasal dari salah satu dari banyak studio produser di YG. Segera setelah mendengar instrumental, saya pergi ke ruangan produser itu  dan mengatakan kepadanya bahwa saya punya ide untuk sebuah lagu. Melodinya selesai jadi kami mulai bekerja  segera. Lagu ini sangat berbeda dari gaya musik yang biasa saya lakukan, terutama karena saya pikir ide ini muncul entah dari mana. Saya tidak menyadari hal itu sampai setelah lagu itu selesai. Karena suara dan melodi, saya minta lirik dari salah satu teman  label saya , Tablo, karena dia pandai menulis lirik yang puitis.

Lagu Let Go merupakan lagu pop, gw setuju sama Taeyang gw jatuh cinta dengan instrumentalnya. Lagu ini semakin unik karena diselipin backing vokal dari paduan suara.

9. Love to Death

Ketika bekerja di trek ini, ada banyak seniman yang saya sukai pada waktu itu seperti, Frank Ocean and Miguel. Saya banyak  mendengarkan Mixtapes dan album mereka. Ketika saya pertama kali mendengar Mixtapes mereka, saya percaya bahwa jenis musik ini akan menjadi besar di kedua Korea dan Amerika. aku benar-benar menikmati musik mereka dan sangat bersemangat. Untungnya, seseorang yang saya kenal di Amerika terhubung saya untuk  Perez, dan kami memiliki sesi menulis selama sekitar lima hari. Kami menulis sekitar lima sampai tujuh lagu bersama-sama. dari lagu-lagu lagu yang sesuai dengan warna saya yang terbaik adalah ‘Love to Death.’ Lagu ini tidak disetujui oleh CEO saya sampai akhir tapi aku mendorong untuk terus-menerus, yang mengakibatkan lagu menjadi lagu terakhir saya. Jika kalian  mendengarnya, kalian akan memahami mengapa saya menyukai lagu ini.

The best song in this album I think, Taeyang sangat menghayati  dan dia mempunyai gaya yang berbeda saat menyanyikannya. Klimaks lagu ini saat suara perempuan yang tak lain CL muncul membuat lagu ini perfect. Harus gw bilang lagi lagu ini tak terdengar seperti lagu kpop pada umunya.

 

Thats all lagu persembahan Taeyang untuk para fans yang telah menunggunya selama 4 tahun. sekarang kalian dapat mendengarkan kapanpun kalian mau.

written by deztaem

Tinggalkan Balasan

