Esperanto Bela Esperanto

Saluton !!

kata diatas merupakan kata sapaan dari bahasa Esperanto. mmm esperanto? mungkin kalian belum tau bahwa didunia ini ada bahasa esperanto. yup bahasa esperanto memang belum sepopuler bahasa Jerman, Prancis, Cina dan sebagainya. Namun perlu kalian tau ternyata bahasa esperanto pernah booming pada masa perang dunia. Bahasa esperanto diciptakan sekitar abad 18 Masehi, dahulunya bahasa ini diciptakan sebagai bahasa pemersatu eropa timur. Ludovich Zamenhoff sang pencipta bahasa esperanto yang merupakan orang Rusia (Bialystok) memberi gagasan perlunya bahasa pemersatu yaitu bahasa netral  yang mudah dipahami oleh orang-orang yang mempunyai bahasa ibu yang bermacam-macam. Ya setelah gw belajar bahasa esperanto sekilas memang mudah dipelajari  dibandingkan bahasa jerman.

Esperanto mengandung arti harapan. Bendera bahasa Esperanto berwarna hijau dengan bintang disudut kanan. Oiy mungki kalian bertanya-tanya bahasa esperanto bahasa negara apa ya? gw ulangi lagi bahwa bahasa Esperanto bukan sebuah bahasa suatu negara tetapi merupakan sebuah bahasa artifisial atau bahasa buatan.

Bahasa Esperanto dalam perkembangannya mengalami up and down. Beberapa negara pernah melarang penggunaan bahasa ini disebabkan oleh beberapa alasan. Namun seperti nya bahasa Esperanto tidak ingin hilang begitu saja. Para pewaris bahasa esperanto masih menggunakan bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari, mereka kebanyakan dari  Eropa barat dan timur juga bekas negara-negara uni soviet.  Belum lagi sekarang telah ada kongres esperanto sedunia dan juga kongres pemuda internasional yang setiap tahunnya diadakan diberbagai negara. Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa penutur bahasa esperanto (org yang telah mahir bahasa esperanto dan menjadi delegasi untuk setiap negara) dibelahan dunia. Pertemuan seperti ini mengundang orang untuk belajar bahasa Esperanto selain mendapatkan teman baru dan juga menambah pengalaman.

selain itu tak jarang para native speaker pergi kepelosok dunia untuk memperkenalkan bahasa Esperanto keseluruh dunia. salah satunya mrs Tatjana, beliau jauh-jauh datang dari Rusia ke Indonseia untuk memperkenalkan bahasa Esperanto ke warga Indonesia.  Warga negara Rusia yang juga seorang guru bahasa Jerman dan Prancis itu tadi pagi datang ke universitas Pasundan untuk memperkenalkan bahasa Esperanto kepada mahasiswa unpas rencananya beliau akan mengajar bahasa esperanto di universitas pasundan selama dua hari. .  kesempatan langka ini ada berkat kerjasama antar universitas pasundan prodi hubungan internasional dengan MKK.

gw acungin jempol bwt para penutur bahasa Esperanto dengan semangat tinggi mereka bersama-sama menyebarkan bahasa Esperanto keseluruh dunia untuk menunjukan eksitensinya. Andai bahasa Indonesia juga bisa seperti bahasa Esperanto anak bangasa Indonesia mau memperkenalkan bahasa kita keseluruh dunia, wahh alangkah indahnya bila semua orang bisa berbicara bahasa Indonesia

PS : judul artike ini terinspirasi dari lagu esperanto  karena  biingung mau ngasihi judul apa bwt artikel in yasudahgw ambil dari potongan lirik lagu esperanto. Bela  artinya cantik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s